Minggu, 06 April 2014

CARA BELAJAR



TUGAS TIK
DIMAS PANDHU NARASANDI / PTB / 5101413030
nuanza-ok.blogspot.com







Tugas no. 3B
DIMAS PANDHU NARASANDI / PTB / 5101413030
nuanza-ok.blogspot.com

Jurnal :             R. M. Felder, G.N. Felder, E.J. Dietz (2002). The Effects of Personality Type on Engineering Student Performance and Attitudes.Journal of Engineering Education, 91(1), 3–17
                       
Richard M. Felder  (1988). Learning and Teaching Styles in Engineering Education. Engr. Education, 78(7), 674–681

MY OPINION


Dari pengisian data Learning Styles dan dua jurnal (di atas) yang saya baca, dapat disimpulkan berbagai macam bentuk tipe pembelajaran. Setiap orang memiliki cara dan pandangan berbeda mengenai cara belajar mereka, diantara nya cara belajar Sensing and Intuitive Learners, Visual and Auditory Learners, Inductive and Deductive Learners, Active and Reflective Learners, Sequential and Global Learners.
            Tipe pembelajaran semua itu sebenarnya harus dipadukan sehingga terjadi keseimbangan dalam berpikir untuk menganalisa pelajaran yang diterima oleh peserta didik. Akan tetapi guru juga tidak bisa memaksakan peserta didiknya untuk menerima seluruh tipe pembelajaran tersebut, karena setiap orang memiliki tingkat kecerdasan dan emosional yang berbeda-beda sehingga guru hanya dapat mengarahkan peserta didiknya untuk memilih tipe pembelajaran mana yang sesuai pada peserta didiknya, kemudian selanjutnya membiarkan mereka untuk menganalisa dan menerapkan tipe pembelajarannya masing-masing.
            Suatu sikap positif  yang dimiliki oleh peserta didik akan membantu mempermudah mereka untuk menerapkan cara belajar mereka kedepannya. Untuk itu saya menyarankan untuk ke depannya harus memperhatikan perlunya keseimbangan yang lebih baik dalam kurikulum antara aspek teknis dan aspek sosial. Sehingga akan membantu peserta didik dalam membangun sebuah karakter yang cerdas dan memiliki atittude yang baik.
            Itu tadi merupakan opini atau pendapat saya mengenai cara belajar dan sikap peserta didik, bila ada kesalan salah kata atau kalimat mohon maaf sebesar-besarnya.

0 komentar:

Posting Komentar