Senin, 17 Maret 2014

RINGKASAN BUKU THEORIES OF LEARNING BAB 16



RINGKASAN

Judul Buku        :  Theories of Lerning, 7th edition
Pengarang         : B.R. Hergenhahn, Matthew H. Olson



DIMAS PANDHU NARASANDI
5101413030
nuanza-ok.blogspot.com
 

Bab 16
Penutup

T
eori-teori yang sangat dipengaruhi oleh Darwin dimasukan dalam paradigma fungsionalistik dan evolusioner. Teori yang mengikuti tradisi Aristoteles dan Locke dimasukkan dalam paradigma asosiasionistik. Teori yang mengikuti tradisi Plato, Descartes, Kant, dan psikolog fakultas dimasukkan dalam pradigma kognitif. Teori Hebb dijadikan contoh dari paradigma neurofisiologis, yang juga berakar pada karya Descartes.
Kita telah mengeksplorasi teori belajar dimasa lalu dan sekarang. Kami berusaha menunjukan kemungkinan kemana arah teori belajar dan mempertimbangkan beberapa pertanyaan yang perlu dijawab dimasa mendatang.

TREN TERBARU DALAM TEORI BELAJAR
Setidaknya ada empat tren utama dalam pendekatan studi belajar dewasa ini. Pertama, teori belajar saat ini lebih sederhana cakupannya. Ketimbang berusaha menjelaskan semua aspek proses belajar, teoretisi saat ini sudah cukup puas meneliti beberapa aspek dari proses belajar. Kedua, ada penekanan pada neurofisiologi belajar. Ketiga, proses kognitif seperti pembentukan konsep, pengambilan resiko, dan pemecahan masalah kembali menjadi topik studi yang populer. Keempat, ada peningkatan perhatian terhadap aplikasi prinsip belajar untuk solusi problem praktis.

BELUM ADA JAWABAN FINAL TENTANG PROSES BELAJAR
Tidak ada jawaban final berkenaan dengan sifat proses belajar dalam buku ini. Tetapi, fakta itu tidak perlu membuat mahasiswa patah asa, sebab dalam sains tidak pernah ada jawaban final. Dalam menentukan perilaku manusia, tidak ada proses yang lebih penting ketimbang belajar, dan jika begitu, maka salah upaya yang penting yang bisa dilakukan sesorang adalah membantu mengungkapkan misteri dibalik proses belajar itu.

0 komentar:

Posting Komentar