RINGKASAN
Judul Buku : Theories of Lerning, 7th edition
Pengarang : B.R.
Hergenhahn, Matthew H. Olson
DIMAS PANDHU NARASANDI
5101413030
nuanza-ok.blogspot.com
|
Bab
16
Penutup
T
|
eori-teori
yang sangat dipengaruhi oleh Darwin dimasukan dalam paradigma fungsionalistik dan evolusioner. Teori
yang mengikuti tradisi Aristoteles dan Locke dimasukkan dalam paradigma
asosiasionistik. Teori yang mengikuti tradisi Plato, Descartes, Kant, dan
psikolog fakultas dimasukkan dalam pradigma kognitif. Teori Hebb dijadikan
contoh dari paradigma neurofisiologis,
yang juga berakar pada karya Descartes.
Kita telah
mengeksplorasi teori belajar dimasa lalu dan sekarang. Kami berusaha menunjukan
kemungkinan kemana arah teori belajar dan mempertimbangkan beberapa pertanyaan
yang perlu dijawab dimasa mendatang.
TREN TERBARU DALAM TEORI BELAJAR
Setidaknya ada empat tren utama dalam pendekatan studi
belajar dewasa ini. Pertama, teori belajar saat ini lebih sederhana cakupannya.
Ketimbang berusaha menjelaskan semua aspek proses belajar, teoretisi saat ini
sudah cukup puas meneliti beberapa aspek dari proses belajar. Kedua, ada
penekanan pada neurofisiologi
belajar. Ketiga, proses kognitif seperti pembentukan konsep, pengambilan
resiko, dan pemecahan masalah kembali menjadi topik studi yang populer.
Keempat, ada peningkatan perhatian terhadap aplikasi prinsip belajar untuk
solusi problem praktis.
BELUM ADA JAWABAN FINAL TENTANG PROSES BELAJAR
Tidak ada jawaban final berkenaan dengan sifat proses
belajar dalam buku ini. Tetapi, fakta itu tidak perlu membuat mahasiswa patah
asa, sebab dalam sains tidak pernah ada jawaban final. Dalam menentukan
perilaku manusia, tidak ada proses yang lebih penting ketimbang belajar, dan
jika begitu, maka salah upaya yang penting yang bisa dilakukan sesorang adalah
membantu mengungkapkan misteri dibalik proses belajar itu.
0 komentar:
Posting Komentar